loading...
» » Jalan Cerita Babak 16 Besar Liga Champions

loading...

Proses pengundian babak 16 besar Liga Champions akan dilakukan hari ini. Sangat mungkin pengundian ini akan melahirkan duel panas, semisal Arsenal lawan Bayern Munich atau Barcelona.

Setelah fase grup tuntas, kompetisi Liga Champions kini akan mulai memasuki fase knockout yang diawali dengan pertandingan-pertandingan babak 16 besar pada bulan Februari dan Maret depan--leg pertama dimainkan pada 18, 19, 25, dan 26 Februari, dan leg kedua dimainkan pada 11, 12, 18, dan 19 Maret 2014.

Dilansir dari detik.com - Pada hari ini, Senin (16/12/2013) petang WIB, ke-16 tim yang tersisa akan mengetahui siapa yang harus mereka hadapi di babak perdelapanfinal tersebut. Proses pengundian itu sendiri dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Dari hasil di fase grup lalu, delapan tim lolos sebagai juara grup dan akan jadi unggulan (seeded) dalam pengundian babak 16 besar. Delapan tim lain yang lolos sebagai runner-up grup sementara itu tidak diunggulkan (unseeded).

Manchester United, Real Madrid, Paris Saint-Germain, Bayern Munich, Chelsea, Borussia Dortmund, Atletico Madrid, dan Barcelona adalah tim-tim yang diunggulkan. Enam di antara tim-tim tersebut pernah menjadi kampiun di masa lalu.

Sedangkan Bayer Leverkusen, Galatasaray, Olympiakos, Manchester City, Schalke 04, Arsenal, Zenit Saint Petersburg, dan AC Milan merupakan tim-tim yang lolos di posisi dua grupnya masing-masing dan masuk kategori unseeded.

Dalam pengundian babak 16 besar, tim-tim yang diunggulkan akan dihadapkan dengan tim-tim yang tidak diunggulkan. Tim unggulan juga dipastikan menjadi tuan rumah di leg kedua. Selain itu, regulasi menyebutkan bahwa tim-tim yang sebelumnya berada di satu grup atau berasal dari asosiasi sepakbola satu negara tidak akan saling berhadapan di babak 16 besar

Dengan gambaran tersebut maka potensi partai sengit terbuka lebar. Ambil contoh tim pemuncak klasemen Premier League Arsenal, yang masuk kategori non-unggulan. Walaupun dipastikan terhindar dari Manchester United dan Chelsea (yang wakil Inggris) dan Borussia Dortmund (yang sebelumnya satu grup), Arsenal punya kans berhadapan dengan Real Madrid, Bayern Munich, Barcelona, Atletico Madrid, dan Paris Saint-Germain.

Demikian pula potensi hasil pengundian berikutnya, semisal juara bertahan Bayern Munich yang tidak akan berhadapan dengan Schalke 04, Bayer Levekusen, dan Manchester City, tetapi bisa saja berjumpa Arsenal atau AC Milan.

Skenario Duel-duel di hasil undian Babak 16 Besar liga champions

Tim-tim unggulan dan calon-calon lawannya
Man Utd: Galatasaray, Olympiakos, Schalke, Zenit, Milan
Real Madrid: Leverkusen, Olympiakos, Man City, Schalke, Arsenal, Zenit, Milan
PSG: Leverkusen, Galatasaray, Man City, Schalke, Arsenal, Zenit, Milan
Bayern Munich: Galatasaray, Olympiakos, Arsenal, Zenit, Milan
Chelsea: Leverkusen, Galatasaray, Olympiakos, Zenit, Milan
Dortmund: Galatasaray, Olympiakos, Man City, Zenit, Milan
Atletico: Leverkusen, Galatasaray, Olympiakos, Man City, Schalke, Arsenal, Milan
Barcelona: Leverkusen, Galatasaray, Olympiakos, Man City, Schalke, Arsenal, Zenit

Tim-tim non-unggulan dan calon-calon lawannya
Leverkusen: Real Madrid, PSG, Chelsea, Atletico, Barcelona
Galatasaray: Man Utd, PSG, Bayern Munich, Chelsea, Dortmund, Atletico, Barcelona
Olympiakos: Man Utd, Real Madrid, Bayern Munich, Chelsea, Dortmund, Atletico, Barcelona
Man City: Real Madrid, PSG, Dortmund, Atletico, Barcelona
Schalke: Man Utd, Real Madrid, PSG, Atletico, Barcelona
Arsenal: Real Madrid, PSG, Bayern Munich, Atletico, Barcelona
Zenit: Man Utd, Real Madrid, PSG, Bayern Munich, Chelsea, Doftmund, Barcelona
Milan: Man Utd, Real Madrid, PSG, Bayern Munich, Chelsea, Dortmund, Atletico

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama