loading...
» » » Telur Bekicot Berharga Jutaan Rupiah

loading...

Konsumsi bekicot mungkin tak umum di negeri kita. Namun di Prancis hewan ini diolah menjadi escargot . Di Inggrispun permintaan akan daging bekicot makin tinggi. Ternyata telur bekicot juga dikonsumsi.

Kebanyakan bekicot adalah hermafrodit yang memiliki set organ reproduksi jantan dan betina lengkap. Artinya, mereka bisa kawin dengan bekicot manapun. Selain itu, bekicot juga subur.

Seperti dikutip dari Daily Mail (09/10/13), setiap pembuahan biasanya menghasilkan sekitar 100 telur yang dikubur di lapisan tanah teratas. Jika tidak dipanen, telur tersebut akan menetas 2-4 minggu kemudian.

Telur bekicot berbentuk bundar dan berwarna putih mengilap dengan diameter 3-6 mm. Telur tersebut dikumpulkan dari tanah dan dibersihkan dengan hati-hati menggunakan kuas cat berbulu halus.

Sophie Wharton, pemilik peternakan bekicot Aylesbury Escargot di Inggris, menggunakan kaca pembesar untuk memilih telur bekicot terbaik. Kemudian, telur tersebut diawetkan agar bisa dikonsumsi begitu saja. Wharton menamainya 'Escargot Pearls' karena memiliki tampilan seperti mutiara.

Proses produksi dan panen telur bekicot sama membosankannya dengan proses menghasilkan caviar, telur ikan sturgeon. Makanya, harganya relatif mahal. Botol Escargot Pearls ukuran 75 gram dijual dengan harga 90 poundsterling (Rp 1,6 juta).

Namun, Wharton menegaskan bahwa telur bekicot berbeda dengan caviar. "Tak bisa dibandingkan dengan caviar karena telur bekicot sama sekali tak amis. Rasanya agak seperti tanah dan daun pakis serta sedikit asin," jelas Wharton.

Telur bekicot bisa dibumbui dengan herba dan cocok disajikan bersama bit, black pudding , daging sapi, maupun hidangan berprotein lainnya. Telur bekicot juga sering digunakan dalam canape atau sebagai hiasan hidangan.

"Telur mungil ini mewah dan menambahkan akhiran yang berkilau pada berbagai hidangan," kata Wharton yang merupakan salah satu dari sedikit penghasil telur bekicot segar di Eropa. Bahkan, dulu telur bekicot dikenal sebagai 'Pearls of Aphrodite' karena dianggap memiliki khasiat afrodisiak.

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama