loading...
» » » 865 Orang Kaya di Indonesia Tahun Ini

loading...

865 Orang Kaya di Indonesia Tahun Ini Dari hasil riset terbaru lembaga Wealth-X bekerja sama dengan Bank UBS AG asal Swiss, jumlah orang superkaya di dunia ternyata bertambah banyak. Pada 2013, orang yang kekayaannya di atas rata-rata manusia lain di muka bumi ditaksir meningkat 6 persen.

Tren global itu rupanya dialami pula oleh Indonesia. Riset yang dilansir Kamis (11/9) dan dapat diunduh di www.indianexpress.com ini menunjukkan bahwa orang superkaya di Indonesia sekarang berjumlah 865, dengan total harta dan aset mereka bila digabung mencapai USD 130 miliar atau setara Rp 1.477 triliun, mendekati kekuatan APBN pemerintah.

Tahun lalu, orang yang keterlaluan makmurnya di negara ini baru 785 orang, dengan kekayaan digabung sebesar USD 120 miliar.

Para pemilik kekayaan yang fantastis tersebut meningkat 10,2 persen dibanding 2012. Total aset warga superkaya di Tanah Air sekaligus meningkat 8,3 persen.

Lebih mencengangkan lagi, ada 200 pengusaha Indonesia yang asetnya melonjak dari USD 50 juta menjadi USD 99 juta dalam waktu 12 bulan saja.

Walau lebih tinggi dibanding rata-rata dunia, namun pertambahan orang kaya di Indonesia masih kalah dari Pakistan. Negara tetangga India itu mencatat pertumbuhan orang superkaya tertinggi di Asia tahun ini, mencapai 33 persen. Disusul Thailand, yang orang luar biasa tajirnya melonjak 15,2 persen.

Peningkatan orang superkaya Indonesia sekaligus mengalahkan beberapa negara maju di Asia. Misalnya, China, yang pada 2013 justru populasi warga makmurnya menurun 5 persen. Atau Korea Selatan dengan pertambahan populasi pengusaha tajir sebesar 0,4 persen saja.

Dalam riset Wealth-X, orang superkaya dijuluki ultra high net worth (UHNW). Kriteria penentuannya, adalah individu dengan aset minimal USD 30 juta atau Rp 330 miliar. (sumber)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama