loading...
» » Teknologi Garis Gawang 'Hawk Eye' di Premier League

loading...

Premier League akan menjadi kompetisi domestik pertama yang akan menggunakan teknologi garis gawang. Mulai musim depan kasta teratas Liga Inggris itu akan memasang 'Hawk Eye' di seluruh stadion.

Soal penggunaan teknologi garis gawang, Premier League beberapa waktu lalu sudah memastikan kalau mereka akan mulai menggunakannya musim depan. Seluruh 20 klub yang berpartisipasi diwajibkan untuk menerapkan teknologi tersebut.

Saat ini sudah ada tiga sistem teknologi garis gawang yang dapat sertifikasi FIFA, yakni 'Hawkeye' (bekerja menggunakan kamera), 'GoalRef' (bekerja menggunakan sensor di gawang) dan Cairos. Setelah sempat melakukan pembicaraan dengan dua yang disebut pertama, Premier League akhirnya memutuskan untuk mamakai 'Hawk Eye'.

Keputusan menggunakan 'Hawk Eye' diambil dalam sebuah pertemuan yang melibatkan 20 klub Premier League, Kamis (11/4/2013) waktu setempat. Dikutip dari Reuters, Premier League menjadi kompetisi domestik pertama yang menggunakan teknologi garis gawang secara resmi.

Teknologi garis gawang dianggap makin penting untuk digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Kemunculan beberapa 'gol hantu' dan gol sah yang justru tak diakui wasit menjadi pemicu untuk dipercepatnya penerapan teknologi itu.

Menggunakan tujuh kamera yang terletak di belakang gawang untuk menentukan bola sudah masuk atau belum, teknologi ini sudah digunakan pada olahraga tenis dan kriket.

Sementara itu, beberapa pekan lalu FIFA juga memastikan akan menggunakan tekologi garis gawang untuk Piala Konfederasi 2013. Pemenang tender untuk event tersebut adalah 'GoalControl', yang jika sukses akan dilanjutkan digunakan pada Piala Dunia 2014. (Sumber: detikSport)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama