loading...
» » » Chip Mikro yang bisa 'berenang' di dalam darah manusia

loading...

Berita Dunia Teknologi - Para ilmuwan di Stanford University mengembangkan chip yang bisa 'berenang' di dalam darah manusia, memberikan obat dan melakukan berbagai tugas pengobatan lainnya.

Ya, chip mikro berukuran 3x4 milimeter ini memang diperuntukkan bagi kepentingan medis. Adapun pengoperasiannya dilakukan secara wireless dan memanfaatkan induksi elektromagnetik untuk bisa berjalan mengikuti arus darah.

Ada Poon, pemimpin pengembangan chip tersebut menyebutkan sejatinya penelitian yang dilakukan timnya sudah pernah ada sebelumnya.

"Riset semacam ini sudah dimulai pada 1960. Kemudian pada 1980 hingga 1990, para perancang sirkuit atau chip mengatakan chip seperti ini hanya bisa bekerja pada kekuatan 10 MHz," tuturnya.

Poon, seperti dikutip dari PCMag, Minggu (26/2/2012) mengatakan, dalam riset sebelumnya timnya juga mencari tahu bagaimana mendapatkan sinyal wireless berfrekuensi tinggi untuk bertransmisi menembus jaringan organ tubuh.

Disebutkan olehnya, chip semacam ini nantinya bisa diletakkan pada ujung saluran pembuluh darah untuk membantu mereka 'berselancar'. Kata Poon, cara pendekatan ini bisa memudahkan pengobatan penyakit-penyakit yang sulit ditangani.

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama