loading...
» » » Bakso Oplosan Daging Babi Beredar di Wilayah Jakarta

loading...

Bakso oplosan daging babi ditemukan di sejumlah wilayah di Jakarta. Oleh karena itu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan anak buahnya untuk terus menggelar razia agar konsumen tidak menjadi korban praktik dagang kotor itu.

"Saya sudah perintahkan sejak hari Rabu-Kamis lalu. Kan sudah dijalankan di lapangan," ujar Jokowi usai menghadiri rapat di kantor DPD DPIP Jakarta Jl Tebet Raya, Jakarta Selatan, Minggu (16/12/2012).

Jokowi mengaku sejak kasus tersebut muncul, dia sudah memerintahkan dinas terkait dalam hal ini Suku Dinas (Sudin) Peternakan dan Perikanan di wilayah Jakarta untuk menggelar razia. Salah satu sebab maraknya bakso oplosan daging babi tersebut menurut Jokowi adalah karena mahalnya daging sapi.

"Problem ini karena problem suplai daging sapi, harga daging sapi yang melonjak, itu saja. Nanti kalau sudah normal ya itu hilang," jelasnya.

Sejumlah lokasi di tiga wilayah di Jakarta diketahui menjual daging bakso dengan oplosan daging babi. Suku Dinas (Sudin) Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat saat sidak terhadap pedagang bakso satuan di Pasar Puri dan Pasar Kopro di Tomang Barat menemukan bakso dari tiga pedagang dinyatakan positif mengandung daging babi.

Sementara Suku Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Jakarta Utara mengumpulkan 16 sampel daging olahan untuk bakso dan ditemukan satu sampel terindikasi positif mengandung daging babi di tempat pengolahan daging bakso milik Yono. Daging olahan milik Yono dipasarkan ke Pasar Warakas dan kios bakso miliknya. Tidak hanya itu, Yono juga diketahui memasarkan bakso daging sapi palsunya ke pedagang bakso keliling.

Jajaran Polda Metro Jaya dan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan juga menggerebek sebuah kios yang menjual bakso daging babi. Di dalam kios sederhana yang beralamat di Jalan Damai, Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu terdapat puluhan kg daging babi. Ditemukan daging babi 50 kg dan daging yang sudah diolah menggunakan tepung 15 kg. (sumber:detiknews)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama