loading...
» » » Video Matahari Melepaskan Letusan Super Panas

loading...

Kamera luar angkasa milik NASA (National Aeronautics and Space Administration) berhasil menangkap fenomena matahari melepaskan letusan plasma super-panas pada Jumat (16/11).

Erupsi atau letusan matahari besar yang memiliki nama solar prominence terjadi pada pukul 1 pagi EST ( Eastern Standard Time 0600 GMT ).


Peristiwa ini merupakan bagian tanda dari badai matahari yang ditangkap oleh kamera pesawat luar angkasa NASA. Puncak letusan tersebut diikuti dengan jilatan api yang menjalar selama empat jam kemudian.

Solar prominence atau jilatan api sangat besar dan merupakan kejadian yang langka, NASA Solar Dynamics Observatory (SDO) berhasil merekamnya dengan video beresolusi tinggi (high-definition).

Dalam video yang dirilis NASA terdapat loop atau lingkaran kolosal plasma merah yang menyala dari bagian kiri bawah matahari.


"Material merah menyala adalah plasma, (yaitu) gas panas yang terbuat dari hidrogen dan helium bermuatan listrik. Plasma ini mengalir sepanjang struktur tak beraturan dan memutar medan magnet yang dihasilkan oleh dinamo internal matahari, " jelas ilmuwan NASA Goddard Space Flight Center.

Ilmuwan mengatakan, jilatan api yang menjalar ini mencuat keluar ketika sebuah struktur menjadi tidak stabil. Kemudian, meledakkan material tersebut keluar dan melepaskan plasma.

Fenomena erupsi solar ini tidak akan mengarah ke bumi, sehingga tidak akan menimbulkan efek yang besar bagi bumi. Badai Matahari diketahui dapat mengganggu satelit komunikasi yang mengorbit ke sekeliling bumi. Selain itu, radiasi ini juga bisa memengaruhi frekuensi radio gelombang pendek serta jaringan listrik.

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama