loading...
» » » Nenek Ini Baru Bisa Lulus SMA

loading...

Seorang nenek 55 tahun, Hasanah Abdullah akhirnya bisa mengikuti ujian Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) atau setingkat SMA setelah penantiannya selama 40 tahun.

Nenek tiga cucu itu mengikuti ujian SPM yang berlangsung sejak Senin (5/11) di Sekolah Menengah Kebangsaan Guar Chempedak, Kedah, Malaysia.

Hasanah yang juga guru Kelas Alquran dan Fardu Ain (KAFA) di Masjid Al Amin Sungai Layar, Sungai Petani adalah salah satu dari 147 peserta ujian perseorangan dari Sekolah Menengah Langkasuka, Guar Chempedak, demikian dilaporkan media-media lokal di Kuala Lumpur, Selasa (6/11)


Ia mengatakan, momen tersebut merupakan detik paling bersejarah dalam hidupnya. Saat berusia 15 tahun, Hasanah harus memikul tanggung jawab menjaga enam adiknya setelah kematian ibunya sehingga beberapa kali ia gagal untuk mengikuti ujian yang kala itu dikenal dengan Malaysia Certificate of Education (MCE).

Hasanah hanya sempat bersekolah hingga kelas enam sebelum diminta berhenti oleh bapaknya karena beberapa faktor termasuk kondisi ekonomi keluarga yang susah ketika itu.

Sejak itu, ia hanya bisa menyimpan hasrat untuk mengikuti MCE. Niat itu pun makin terlupakan karena ibunya meninggal dunia. "Saya sering membujuk ayah untuk mengizinkan saya mengambil MCE. Namun beliau tidak membolehkan karena saya harus menjaga adik-adik yang masih kecil dan butuh perhatian ketika itu," katanya.

"Walaupun hati sangat ingin mengambil MCE, saya terpaksa memendamnya karena tidak mau menyusahkan keluarga dan adik-adik yang memerlukan saya," imbuhnya.

Mengenai peluangnya lulus dalam ujian itu, Hasanah yang mengambil subjek utama dan tambahan Bahasa Arab serta Tasawur Islam ini yakin mampu menempuh SPM. (sumber:republika)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama