loading...
» » » » » 5 Politisi Dunia Yang Berganti Kelamin

loading...

Model, aktris, aktor, selebritas lan, merupakan ranah biasa untuk kaum transgender. Mereka yang mempunyai disorientasi seksual berbeda dengan jenis kelamin dianugerahkan Tuhan. Namun apa jadinya jika para para pengganti kelamin ini masuk di ranah politik?

Ternyata dunia mencatat lima orang pelaku transgender paling dikenal sejagat. Mereka menjadi orang-orang pertama mengakui perubahan kelamin pada publik, bahkan pernah beredar film tentang mereka.

Seperti apa sosok politisi transgender itu? Dilansir dari situs listverse.com, berikut ulasannya.

1. Georgina Beyer

Georgina Beyer lahir dengan nama George Bertrand. Dia berkelamin laki-laki dan mulai berganti menjadi perempuan pada 1985 lewat operasi bedah.

Beyer dikenal sebagai walikota New Zealand sekaligus anggota parlemen dari Partai Buruh pertama kali mengakui seorang transgender.

2. Vladimir Luxuria

Vladimir Luxuria terlahir dengan nama Wladimiro Guadagno. Dia menjadi anggota parlemen Italia pada 2006 dari Partai Komunis berkoalisi dengan Partai Uni Italia. Dia politisi transgender paling tersohor di Eropa lantaran menjadi yang pertama mengakui kalau dirinya berubah kelamin dari lelaki menjadi perempuan.

Meski sudah berhenti menjadi politisi, Vladimir masih menjadi pegiat untuk hak pecinta sesama jenis.

3. Anna Grodzka

Lelaki tapi perempuan ini terlahir dengan nama Krzysztof Begowski, dia berganti nama menjadi Anna Grodzka sekaligus mengganti kelaminnya pada 2010 lewat meja operasi. Anna merupakan anggota parlemen Polandia dan transgender kedua dalam jajaran politisi Eropa.

Sebelum menjadi politisi, Anna bekerja sebagai pembuat film independent dan menjadi pegiat lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

4. Stu Rasmussen

Stu Rasmussen tetap menggunakan nama asli sebab secara biologis, dia masih lelaki sebab belum merubah kelaminnya. Namun dia sudah membentuk payudaranya dan berpakaian seperti layaknya perempuan.

Rasmussen pernah menjabat walikota Silverton, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat. Dia menjadi politisi pertama mengaku sebagai transgender di Negara Adidaya itu.

5. Shabnam Mausi

Shabnam Mausi Bano merupakan anggota parlemen India pertama mengaku dirinya seorang transgender. Terlahir sebagai lelaki, dia akhirnya merubah dirinya menjadi perempuan pada 1998.

Meski mendapatan diskriminasi, Mausi ternyata disukai banyak warga India memilihya menjadi anggota legislatif dari Negara Bagian Madhya Pradesh. Dia menjabat hingga 2003. Sekarang Shabnam menjadi pegiat untuk mengkampanyekan bahaya HIV-AIDS. Film tentangnya juga pernah diputar di Negeri Sungai Gangga itu berjudul sama dengan namanya. (sumber:merdeka)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama