loading...
» » » 10 Putri Kerajaan Tercantik Sedunia Abad 21

loading...

Sejak zaman dulu di berbagai kebudayaan dunia, anggota kerajaan selalu digambarkan rupawan. Terutama sosok putri mahkota yang diperebutkan para pangeran.

Sampai sekarang anggapan itu masih terbukti, meski sudah jumlah kerajaan di dunia semakin berkurang seiring gelombang demokratisasi. Perempuan-perempuan darah biru yang masih tersisa tetap berhasil menampilkan pesona tersendiri. Beberapa anggota kerajaan dari kalangan rakyat biasa juga tak kalah ayu dari mereka yang sejak awal ningrat saat masuk ke lingkungan istana.

Fenomena ini membuat majalah sekelas Forbes melansir daftar para wanita calon penerus tahta yang keelokan paras dan perilakunya membuat seluruh mata berpaling.

Berikut adalah daftar 10 putri kerajaan tercantik sedunia di abad 21:


1. Zara Phillips

Putri Zara Anne Elizabeth Phillips biasa dipanggil Zara Phillips saja. Dia adalah anak kedua dari pasangan Putri Anne dan Kapten Mark Phillips. Putri 31 tahun ini adalah cucu tertua Ratu Elizabeth II, penguasa daratan Britania Raya.

Tidak seperti citra putri kerajaan yang lemah lembut, Zara gemar berolah raga, meski tentu saja jenis yang biasa dilakoni kaum bangsawan. Wanita berparas ayu ini merupakan seorang atlet berkuda cukup berprestasi. Enam tahun lalu Zara memenangi kejuaraan dunia halang rintang berkuda di Kota Aachen, Jerman.

Tahun lalu, dia akhirnya melepas masa lajang dan menikahi seorang atlet rugbi nasional Inggris bernama Mike Tindall.


2. Kate Middleton

Apakah anda mengenal sosok Putri Catherine, penguasa Cambrigde? Selain warga Inggris dan persemakmurannya, barangkali pemilik gelar itu kurang dikenal. Itulah gelar resmi disandang Kate Middleton selepas menikahi Pangeran Williams, April tahun lalu. Pernikahan keduanya ditahbiskan sebagai pesta perkawinan abad ini oleh pelbagai media massa. Mereka pun digadang-gadang menjadi penerus tahta Kerajaan Inggris, karena William berada di urutan kedua calon raja setelah ayahnya, Pangeran Charles.

Kate bukan berasal dari golongan darah biru, meski orang tuanya pengusaha sukses di Inggris. Dia bertemu William saat keduanya menempuh Universitas St Andrews, Skotlandia sebelas tahun lalu.

Sempat putus, Kate dan William akhirnya rujuk kembali dan bertunangan pada 2010. Kini, dia menjadi rujukan busana wanita Inggris karena penampilannya selalu modis dan kerap menghiasi layar kaca. Banyak pihak menganggap dia mewarisi karisma dan kecantikan alami mendiang Putri Diana, yang juga berasal dari rakyat biasa


3. Putri Charlene

Putri mahkota kerajaan Monako ini awalnya berstatus warga biasa. Charlene memiliki nama lengkap Charlene Lynette Wittstock. Wanita 34 tahun ini lahir di Zimbabwe, Benua Afrika, dengan latar belakang keluarga multinasional. Ayah dan ibunya berdarah Jerman, Inggris, dan Irlandia.Sempat mengikuti keluarganya berpindah-pindah sebagai pengusaha permata, dia akhirnya menetap dan menjadi warga negara Afrika Selatan.

Pada Olimpiade Sydney 2000, Charlene mewakili negara di ujung Benua Afrika itu untuk ajang renang medley 400 meter. Perempuan bermata biru ini bertemu Pangeran Albert, sang penerus tahta Kerajaan mungil Monako dekat Prancis itu ketika sama-sama mengikuti lomba renang di sana. Keduanya jatuh cinta dan sempat lama menjalin hubungan. Mereka akhirnya resmi menikah pada Juli 2011


4. Ashi Jetsun Pema

Kerajaan Bhutan harus diakui kalah pamor dibandingkan negeri tetangganya, seperti Nepal, Tibet, atau India. Namun soal keelokan paras keluarga kerajaan, warga Bhutan boleh berbangga. Majalah Forbes menahbiskan Ashi Jetsun Pema, yang baru setahun ini diangkat menjadi ratu, sebagai salah satu putri kerajaan tercantik di muka bumi.

Wanita kelahiran 4 Juni 1990 ini adalah putri dari Gubernur Dzongpon yang memimpin Provinsi Trashigang di utara Bhutan. Sempat menghabiskan masa kecil di negara mungil itu, Jetsun lantas menempuh sekolah menengah di India dan sebentar kuliah di Ibu Kota London, Inggris.

Tidak diketahui bagaimana dia berkenalan dan akhirnya dipinang Raja Jigme Khesar, sang penguasa Bhutan. Tahun lalu, pesta perkawinan besar-besaran dilakukan.
Jetsun yang masih berusia 21 kala itu langsung dinobatkan menjadi permaisuri. Kini dia memiliki gelar Druk Gyal-tsuen alias Ratu Naga.


5. Charlotte Casiraghi

Anggota keluarga Kerajaan Monako satu ini lebih suka berada di luar istana daripada mengikuti tetek bengek aturan kebangsawanan. Putri Charlotte Casiraghi, kini berusia 25, adalah anak kedua Putri Caroline dari Hanover yang berada di urutan ketiga calon penerus tahta.

Selama ini, dia lebih suka bergaul dengan sahabat dari dunia mode di Ibu Kota Paris, Prancis. Sepupu Raja Rainier III, sang penguasa Monako, ini bisa dihitung jari mendatangi upacara kerajaan.

Lantaran kehidupan pribadinya yang glamor namun ingin dianggap warga sipil biasa, Charlotte kerap diliput media. Sang adik lelaki, Andrea Casiraghi juga bernasib serupa, diburu para paparazzi dan pencari berita gosip setiap hari.


6. Putri Haya

Kecantikan wanita dari Jazirah Arab selalu memukau sejak dulu. Paras ayu Putri Haya, bernama lengkap Haya binti Al Hussein sekadar meneruskan tradisi itu.

Perempuan 31 tahun ini adalah putri tertua mendiang Raja Hussein, sang penguasa Yordania. Dia gemar belajar sehingga dikirim keluarganya menempuh pendidikan di sekolah elit sejak kecil.

Ketika kuliah di Universitas Oxford, Inggris, Haya mengambil tiga jurusan sekaligus, politik, ekonomi, dan filsafat. Tidak hanya belajar, dia juga mahir menunggai kuda, sampai terpilih sebagai Presiden Federasi Olah Raga Berkuda Internasional pada 2006.

Pada 2004, ayahnya menjodohkan Haya dengan Syeikh Muhammad bin Rasyid Al Maktum, penguasa Dubai, Uni Emirat Arab. Kini perkawinan mereka masih berlangsung harmonis dan membuahkan dua anak lelaki.


7. Putri Letizia

Putri Letizia merupakan sosok yang awalnya bukan bangsawan turut menghiasi daftar ini. Wanita kelahiran 15 September 1972 ini masih cantik dan terlihat segar meski nyaris menapaki usia 40.

Perempuan bernama lengkap Letizia Ortiz Rocasolano ini hanya berasal dari keluarga kelas menengah biasa di Spanyol. Ayahnya berprofesi wartawan, sementara sang ibu bekerja di rumah sakit sebagai juru rawat.

Karena kecerdasannya, Letizia menempuh pendidikan di Ibu Kota Madrid. Dia mengikuti jejak sang ayah menjadi wartawan. Wanita ini sempat menikah dengan seorang dosen namun bercerai pada 1999.

Dia berkenalan dengan Pangeran Felipe Asturias tidak lama setelah cerai. Mereka pun menikah sembilan tahun lalu. Kini, keduanya dikaruniai dua putri.


8. Putri Madeleine

Dua majalah Forbes dan CHEOWORLD sama-sama sepakat, kecantikan Madeleine Theresia Amelie Joseph termasuk pilih tanding, sehingga dia masuk daftar lima besar putri tercantik di Bumi. Dia adalah putri Raja Carl Gustaf XVI sang penguasa Swedia.

Berdasarkan garis keturunan, dia urutan keempat dari tahta kerajaan di kawasan Skandinavia itu. Madelaine kini berusia 30 dan aktif mengelola sebuah yayasan pemberi beasiswa pendidikan, serta menekuni hobinya mempelajari sejarah dan budaya.

Meski berwajah rupawan, dia membuktikan diri juga berotak encer. Alumnus Universitas Stockholm ini memiliki gelar di bidang psikologi, sejarah, seni, dan budaya, serta lancar berbahasa Swedia, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Sayangnya, dia diterpa isu tak sedap lantaran batal menikah dua tahun lalu dengan kekasihnya, seorang pengacara bernama Jonas Bergstrom. Usut punya usut, rupanya sang kekasih selingkuh dengan mahasiswa asal Norwegia. Alhasil Putri Madelaine masih melajang sampai sekarang.


9. Putri Mary

Perempuan bernama lengkap Mary Elizabeth Donaldson ini disebut-sebut media memiliki kisah hidup serupa dongeng. Dia hanya perempuan biasa, warga negara Australia.

Mary, kelahiran 1972, adalah putri seorang dosen dan menjalani pendidikan dan pekerjaan di bidang pemasaran di Australia, nyaris seumur hidupnya.

Nasib mempertemukan Mary dengan seorang lelaki di sebuah kedai minuman saat Negeri Kanguru itu sedang menyelenggarakan Olimpiade tahun 2000. Tidak dinyana, keduanya saling menyukai. Mereka berpacaran selama setahun.

Lebih mengejutkan lagi, pria yang mencintainya itu adalah putra mahkota Kerajaan Denmark, Frederik yang sengaja tidak ingi mengaku bangsawan. Keduanya pun menikah pada 2004 dan diliput media internasional karena kisah cinta yang unik itu. Mereka sekarang dikaruniai empat anak.


10. Rania Abdullah

Dialah putri dari segala putri, ratu dari seluruh ratu. Seluruh media, Barat dan Timur, menobatkan dia sebagai anggota kerajaan tercantik sejagat saat ini.

Lahir pada 31 Agustus 1970, perempuan berparas ayu ini merupakan anak tunggal pasangan imigran Palestina, Faisal Sedki al-Yassin dan Ilham Yassin.

Rania sempat mencicipi dunia komputer saat menjadi tenaga pemasaran Apple di Ibu Kota Amman, Yordania. Dia lantas pindah ke Citibank, dan akhirnya bertemu dengan Pangeran Abdullah, penguasa kerajaan keturunan Nabi Muhammad itu.

Keduanya menikah di awal 1993. Statusnya sebagai istri pangeran berubah seratus delapan puluh derajat saat Raja Hussein meninggal awal 1999. Raja berwasiat agar Abdullah jadi raja. Sifat supel Rania membuat dia mudah bergaul dengan ibu negara lain, termasuk dengan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama. (sumber:merdeka)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama