loading...
» » » Warga Negara yang Tak Bayar Pajak, Kita Usir Saja

loading...

Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany mengeluhkan banyaknya wajib pajak yang belum membayar pajak. Padahal, hampir seluruh warga negara Indonesia menikmati pajak.

"Kalau naik motor, itu sudah menikmati pajak melalui subsidi BBM, jadi banyak yang menerima. Sekitar Rp 180 ribu mereka nikmati tiap hari, kalau dia jalan juga tandanya sudah menikmati uang pajak," ungkapnya dalam seminar pajak di Universitas Trisakti, Jakarta, Rabu (10/10/2012)

Sayangnya, lanjut Fuad, masyarakat yang menikmati hasil pajak ini banyak yang tidak membayar pajak.

"Banyak yang tidak sadar sudah menikmati tapi nggak bayar pajak, nggak ikut urunan. Orang yang kayak gini tidak pantas jadi warga negara, kita usir saja, minimal nggak boleh ikut pemilu," tegasnya.

Fuad menambahkan di luar negeri, orang-orang yang tidak membayar pajak ini bahkan bisa dipenjarakan.

"Di negara-negara yang sudah maju, mereka ini justru yang diborgol. Saking takutnya masuk penjara, ada orang Italia meminta penjelasan tentang bayar pajak ke pegawai kami, dia bilang "I don't want to go to jail". Mana ada orang Indonesia ngomong gitu, paling bilang nggak tahu, nggak pernah diajarin," keluhnya.

Fuad mengaku para pegawai pajak ini memang sangat tidak disukai oleh masyarakat. Namun ini tantangan bagi Ditjen Pajak untuk mengumpulkan uang bagi kas negara.

"Tahu lagu The Beatles yang Taxman, intinya orang Inggris itu sebel banget sama Taxman. Taxman bisa bawa polisi untuk bayar pajak," tandasnya. (sumber:finance.detik)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama