loading...
» » » » Lima Tokoh yang Tagih Janji dan Siap demo Jokowi

loading...

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mewakili Presiden SBY melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012-2014, Joko Widodo dan Basuki Thajaja Purnama. Kini Jokowi dan Ahok resmi memimpin Jakarta untuk lima tahun ke depan.

"Dengan resmi melantik Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wagub DKI masa jabatan 2012-2017. Berdasarkan keputusan 88/P/2012 tanggal 8 Oktober 2012. Kami percaya saudara-saudara akan melaksanakan jabatan dengan baik dan penuh tanggung jawab," kata Gamawan di DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10).

Setelah itu, Gamawan memasangkan tanda jabatan di pundak Jokowi dan Ahok. Mereka kemudian menandatangani naskah serah terima jabatan.

Acara disambung dengan penandatangan pakta intergritas dan pemberian selamat dari Gubernur lama kepada gubernur baru. Foke pun menempelkan pipinya pada Jokowi. Setelah Jokowi memimpin, banyak tokoh yang menagih janji-janjinya. Berikut lima tokoh yang akan menagih janji dan siap mendemo Jokowi:


1. Fauzi Bowo: Tidak ada perubahan kita demo

Setelah lima tahun menjabat gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo akan lengser pada 7 Oktober mendatang. Di akhir jabatannya, pria asli Betawi ini berjanji akan menagih janji gubernur terpilih beserta wakilnya yaitu Joko Widodo dan Basuki Tjahaja.

"Semua janji yang kita ucapkan kita tagih," kata Fauzi Bowo di depan kediamannya saat disambut ratusan pendukungnya, Jakarta, Sabtu (6/10).

Menurut Foke, sapaan Fauzi Bowo, rakyat Jakarta sudah banyak menikmati apa yang dikerjakannya selama lima tahun. Dia pun berjanji akan terus mengawal kepemimpinan Jokowi-Ahok.

"Kita akan kawal, tidak ada coba-coba, kita tidak ikhlas Jakarta dijadikan bahan coba-coba," ujarnya.

Meskipun demikian, pria berkumis itu tetap memberikan waktu untuk Jokowi untuk membuktikan program 100 harinya. Jika tidak ada perubahan maka dirinya siap untuk menagihnya.

"Pokoknya kita kawal kita tagih janji mereka tapi kita beri peluang untuk buktikan janji-janjinya. Saya bersama Anda," imbuhnya.

Di sela-sela kata sambutannya para pendukung Foke sempat berteriak: "Seratus hari tidak ada perubahan kita demo!"


2. Hidayat Nurwahid: Kita nantikan janji Jokowi

Tokoh PKS Hidayat Nurwahid menilai, pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta sudah selesai. Untuk itu, apapun hasilnya harus diterima dan menjadikan segala sesuatunya sebagai pelajaran untuk ke depan yang lebih baik, termasuk kekalahan PKS pada putaran pertama dan kedua.

"Selamat kepada Pak Jokowi, untuk tugas barunya. Kita nantikan janji-janji beliau," kata Hidayat kepada wartawan di komplek parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (21/9).

Menurut Hidayat, kekalahan Partai Keadilan Sejahtera pada pilgub DKI Jakarta merupakan cambukan, untuk memperbaiki konsolidasi internal partai.

Dia berharap, kekalahan PKS di pilgub DKI Jakarta, bisa dijadikan batu loncatan untuk memenangkan pemilu 2014.

Mantan ketua MPR itu menyangsikan jika kemenangan sementara Jokowi pada pilgub DKI Jakarta, merupakan fenomena berhasilnya mengusung generasi muda sebagai pemimpin.


3. Prabowo: Saya siap pimpin demo

Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto menyambut syukur kemenangan Jokowi-Ahok yang dilansir lembaga survei dalam hitungan cepat. Namun Prabowo pun mewanti-wanti jagoannya tersebut untuk tidak korupsi. Bila korupsi selama memimpin Jakarta, Prabowo mengaku akan menurunkan sendiri Jokowi-Ahok.

"Saya sendiri siap pimpin demo untuk menurunkan Jokowi," ujar Prabowo menjawab pertanyaan merdeka.com, saat ditanya apa yang dilakukan Prabowo jika jagoannya korupsi saat memimpin Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Prabowo di kantor DPP Gerindra, Jl Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9).

Sebelumnya Prabowo juga mengaku sujud syukur atas kemenangan Jokowi yang dilansir beberapa lembaga survei dengan metode perhitungan cepat. "Saya bersujud syukur kepada Allah," kata Prabowo.


4. Taufik Kiemas: Jangan banyak janji

Politikus senior PDIP Taufiq Kiemas meminta calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tidak mengumbar janji. Suami Megawati Soekarnoputri itu berharap Jokowi segera menjalankan programnya setelah dilantik menjadi gubernur.

"Jangan banyak janji lagi. Bisa menyediakan 1000 bus. 1000 busway itu kalau panjangnya 30 km," kata Taufiq Kiemas di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/9).

Pekerjaan di depan Jokowi tidak mudah. Apalagi membereskan birokrasi di Jakarta. Birokrasi di Solo dengan Jakarta berbeda. Oleh karena itu, Jokowi harus bekerja keras untuk membuktikan janji-janji sebelumnya.

"Dan birokrasi di DKI Jakarta bukan bodoh-bodoh juga. Buktikan janji Jokowi," ujar Taufiq Kiemas.

Taufiq juga berharap Jokowi tidak berhenti di tengah jalan dalam memimpin Jakarta. Dia ingin Jokowi memimpin Jakarta lima tahun ke depan. "Kalau 2 tahun yang rugi rakyat Jakarta," kata Taufiq.


5. Sutiyoso: Sudah cukup tebar pesona

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso siap mengkritik kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih periode 2012 - 2017, Joko Widodo (Jokowi) - Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) yang tidak sesuai aspirasi masyarakat ibukota.

"Saya siap mengkritik gubernur baru Joko Widodo mulai hari ini hingga masa kerja berakhir 2017 nanti," kata Sutiyoso kepada wartawan saat menghadiri acara pelantikan di gedung Paripurna DPRD DKI, Senin (15/10).

Ia mengaku kehadiran dirinya tidak sekadar memenuhi undangan panitia melainkan untuk menunjukkan dukungan pada Jokowi - Ahok. "Dukungan yang akan saya berikan berbentuk kritik membangun dan saran berdasarkan pengalaman mengurusi Jakarta selama 1997-2007," ungkapnya.

Sutiyoso meminta agar Jokowi dan Ahok lebih fokus dan bekerja keras membangun Jakarta yang lebih baik.

"Usai pelantikan, Jokowi harus fokus dan kerja keras. Tolong diingat, waKtu lima tahun itu tidak lama, singkat. Sudah cukup tebar pesonanya," jelasnya.

Sutiyoso menambahkan, dirinya percaya Jokowi akan bisa mewujudkan aspirasi yang disampaikan kepada warga saat berkampanye beberapa waktu lalu.

"Banyak persoalan di Jakarta yang harus diselesaikan. Jokowi pasti sudah punya program kerja untuk kesejahteraan warga Jakarta," tambahnya.

(sumber:merdeka.com)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama