loading...
» » » Ada Khutbah Jum’at di Mekkah Pakai i-Pad

loading...

Beberapa waktu lalu, tanah air ada iklan operator selular yang cukup lucu, yaitu seorang pemuda yang tiba-tiba didaulat memberi ceramah karena tampangnya mirip ustadz, lalu pemuda tersebut memanfaatkan google search untuk mencari bahan ceramahnya karena operator selular menawarkan biaya internet super murah.

Tapi kejadian di Arab Saudi berikut ini adalah nyata. Jama’ah masjid di kawasan Syauqiyyah, Mekkah dikejutkan kejadian heboh; di mana khatib yang menyampaikan khutbah di mesjid tersebut hari Jum’at lalu (05/10) menggunakan i-Pad ketika menyampaikan khutbahnya.

Tak pelak, kejadian ini mengundang perbincangan banyak pihak. Sebab kajadian semacam ini di luar kebiasaan pada khatib di negeri Haramain tersebut yang lazimnya menggunakan teks khutbah tertulis resmi.


Seusai sholat, masyarakat sekitar terus membicarakan hal tersebut. Ada yang menolak, dan ada pula yang mendukung. Yang menolak beralasan bahwa khutbah dengan i-pad akan mengurangi nilai spiritual dari khutbah itu sendiri. Sedangkan yang mendukung menyatakan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang sah-sah saja, apalagi memanfaatkan teknologi untuk keperluan ibadah.

Seorang hakim daerah setempat menyatakan kepada reporter harian Al-Sabq, bahwa membaca khutbah dari i-pad tidak ada bedanya dengan membaca dari kertas tertulis, sebab tujuan keduanya adalah sama.

“Bahkan, barangkali membaca khutbah dari i-pad lebih baik” Ujar sang hakim seraya menyatakan kekagumannya pada khatib muda tersebut.

Ketika ditanya tentang menggunakan media semacam proyektor ketika khutbah, sang hakim menyatakan larangannya terhadap hal itu. “Sebab menggunakan proyektor dapat mengalihkan perhatian jama’ah dari mendengar khutbah”. pungkasnya. (sumber:putramelayu.web.id)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama