loading...
» » » Membuat Animasi Dengan Google Chrome

loading...

Membuat Animasi Dengan Google Chrome - Sebuah proyek web HTML5 bernama This Exquisite Forest berusaha menyediakan platform untuk menggarap animasi berbarengan dari seluruh dunia.

Proyek ini digagas Aaron Koblin dan Chris Milk. Dengan bantuan tim Google Chrome, proyek ini juga diharapkan bisa menunjukkan kemampuan browser Chrome.

Dalam This Exquisite Forest, setiap animasi diibaratkan sebuah pohon. Seorang animator akan memulainya dengan rangkaian gambar tertentu sebagai benih.

Kemudian, animator lain bisa ikut menyumbangkan animasi mereka sendiri berdasarkan gambar terakhir animasi sebelumnya. Ini menumbuhkan setiap pohon dalam "hutan animasi" itu.

Selain meneruskan animasi yang ada, animator lain juga bisa membuat cabang, sehingga aliran animasinya akan berbeda dari yang sudah ini. Ini membuat sebuah animasi bisa memiliki berbagai versi.



Saat ini kebanyakan animasi yang ada bersifat "curated", artinya setiap kontribusi yang disampaikan harus dipilah dan disetujui terlebih dahulu sebelum bisa terbit.

Namun, nantinya dijanjikan akan ada lebih banyak "pohon" yang sifatnya terbuka. Sehingga siapapun bisa menyumbangkan karyanya di sana. Semua karya yang disampaikan dalam This Exquisite Forest berlisensi Creative Commons.

Koblin, yang merupakan Creative Director tim Data Arts di Google, mengatakan proyek This Exquisite Forest butuh infrastruktur yang cukup besar.

"Platform animasi kolaboratif ini menunjukkan bagaimana teknologi dan seni bisa saling mendorong," ujar Koblin kepada Wired.

Ingin mencobanya? Kunjungi exquisiteforest.com dengan browser Chrome.(sumber:wired/kompas.com)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama