loading...
» » Kopi: Pencegah Serangan Penyakit Jantung

loading...

Kopi: Pencegah Serangan Penyakit Jantung - Riset yang dipimpin oleh Dr. Murray Mittleman dari Beth Israel Deaconess Medical Center menemukan satu fakta yang menyebutkan bahwa para peminum kopi mempunyai resiko yang lebih rendah untuk bisa terkena serangan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak pernah atau cukup jarang meminum kopi. Riset tersebut telah dipublikasikan di dalam jurnal kesehatan berjudul “Circulation: Heart Failure”.

Dr. Mittleman bersama timnya menjalankan riset tersebut dengan mengumpulkan 140.220 partisipan. Dari para partisipan tersebut, tim riset menemukan bahwa mereka yang meminum empat hingga lima cangkir kopi dengan dosis European serving sehari (sekitar dua cangkir kopi sehari) memiliki resiko 11% lebih rendah terserang gagal jantung.

Riset tersebut juga menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kurang dari ukuran tersebut hanya mengurangi resiko sebanyak 4% saja. Namun satu hal yang mengejutkan adalah, sebuah fakta bahwa mereka yang meminum sembilan hingga sepuluh cangkir sehari mempunyai tingkat penurunan resiko yang tidak berbeda jauh.

Bila diterjemahkan secara sederhana, maka para riset menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi dua cangkir kopi berukuran 8 ounches (sekitar 236,6 gram cairan) bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung sebanyak 11%. Sedangkan mereka yang meminum lima cangkir atau lebih, justru beresiko meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Penemuan terbaru ini bisa jadi mematahkan pendapat yang menyebutkan bahwa kopi adalah salah satu minuman yang bisa menyebabkan serangan jantung. “Ketika ada sebuah ‘mitos’ yang menyebutkan bahwa minuman ini berbahaya bagi kesehatan. Penemuan kami justru mengatakan hal yang sebaliknya,” ucap Dr. Mittleman dari situs Time.

Hasil riset ini juga didukung oleh salah satu lembaga pemerhati kesehatan jantung di Amerika Serikat. “Penemuan ini cukup meyakinkan,” tambah Dr. Elizabeth Ross, juru bicara dari American Heart Association (AHA) yang tidak terlibat di dalam penelitian ini. “Sebelumnya, telah banyak orang yang mengalami kegagalan jantung atau hipertensi sama sekali dilarang untuk mengkonsumsi kopi.”

Kopi memang mempunyai pengaruh positif di bidang kesehatan. Jauh sebelum penelitian ini berjalan, beberapa ahli telah berhasil menemukan bukti-bukti yang menyebutkan bahwa kopi bisa menurunkan resiko terkena diabetes, kanker, dan serangan stroke.

Banyak data yang telah membuktikan bahwa mereka yang meminum enam hingga tujuh cangkir kopi dalam sehari bisa menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 35%, bila dibandingkan dengan mereka yang hanya menikmati dua cangkir sehari. Karena diabetes tipe 2 masih berhubungan erat dengan serangan jantung, maka bisa jadi para penikmat kopi telah mengurangi resiko terkena serangan jantung tersebut.

Penemuan ini menjadi salah satu bukti kuat bagi para dokter yang kerap menyebutkan bahwa mereka yang memiliki penyakit jantung, harus segera menghentikan kebiasaannya mengkonsumsi kopi. “Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung,” beber Elizabeth Mostofsky, salah satu anggota tim peneliti. “Tetapi telah terbukti bahwa kopi bukanlah salah satu faktor penyebabnya.”

Namun satu hal yang perlu diingat, bahwa penelitian ini membuktikan penurunan resiko terhadap serangan Penyakit jantung, bila Anda mengkonsumsi kopi sesuai ukuran dan dosis yang telah disebutkan sebelumnya.(Sumber:TIME)

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama