loading...
» » 100 Karya Seni Indonesia Di Google Art Project

loading...

100 Karya Seni Indonesia Di Google Art Project - Setelah resmi Google mengumumkan kehadirannya di Indonesia, Google langsung gerak cepat untuk menjalankan program-programnya. Salah satunya dengan menggandeng Museum Nasional Indonesia untuk kolaborasi Google Art Project. Apa itu?

Google Art Project (www.googleartproject.com) adalah sebuah program kerjasama global yang dipelopori dan dipromosikan oleh Google dengan melibatkan 151 institusi kebudayaan yang berasal dari 40 negara, termasuk Indonesia.

Dari Museum Nasional, sebanyak 100 karya seni terpilih dari Indonesia akan ditampilkan di situs tersebut. Karya-karya ini meliputi koleksi batik tradisional dan benda peninggalan sejarah kerajaan tertua di Indonesia, seperti Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

"Kini, siapa pun di mana pun mereka berada dapat menikmati keindahan batik Indonesia dan peninggalan seni nusantara adiluhung secara online," demikian keterangan Google yang diterima detikINET, Kamis (5/4/2012).

Situs Google Art Project menampilkan gambar digital resolusi tinggi dari 30.000 karya seni yang dapat dilihat secara online. Sejak diluncurkan di bulan Februari 2011, Google Art Project telah berkembang sangat pesat.

Ketika baru diluncurkan, situs Google Art Project hanya memiliki 1.000 gambar online, kini lebih dari 30.000 gambar sudah dapat dilihat di situs tersebut.


Program Google Art Project pun kini telah memiliki kerja sama dengan lebih banyak institusi kebudayaan dari berbagai negara, baik dalam skala kecil ataupun besar, mulai dari museum kesenian tradisional sampai dengan lembaga-lembaga seni yang lebih modern.

Di Google Art Project, pengunjung situs dapat melakukan penjelajahannya sendiri ke berbagai tempat-tempat seni bersejarah di seluruh dunia, mulai dari Gedung Putih di Washington DC, dilanjutkan ke Museum of Islamic Art di Qatar, dan berhenti di Museum Nasional Indonesia.

Informasi maupun foto dokumentasi mengenai Google Art Project dapat diakses melalui www.googleartproject.com. Videonya juga bisa ditonton melalui Youtube: www.youtube.com/googleartproject.

Sumber:kompas

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama