loading...
» » » » Wanita Klaim Temukan Meteor Jatuh Sebesar buah Melon

loading...

Bola api besar yang diduga sebuah meteor yang melintasi langit malam Inggris telah menimbulkan kehebohan. Hari ini, seorang wanita mengaku menemukan meteor tersebut jatuh di dekat rumahnya.

Joanne Pain (43) yang tinggal di wilayah Redcar, Cleveland, menunjukkan meteor temuannya yang berukuran sebesar buah melon tersebut kepada media. Untuk memperkuat temuannya, Joanne juga menunjukkan rekaman CCTV di rumahnya yang merekam detik-detik meteor tersebut mencapai tanah.

"Kekasih saya sedang berjalan di luar dengan anjing kami pada Sabtu (3/3) malam dan dia kemudian melihat sesuatu di langit setelah tengah malam. Awalnya dia pikir itu kembang api, tapi sama sekali tidak ada suaranya, kemudian, terdengar sedikit berkeretak ketika benda itu terjatuh ke bawah," ujar Joanne seperti dilansir oleh Daily Mail, Selasa (6/3/2012).

Menurut Joanne, dirinya dan sang kekasih memungut benda mencurigakan yang terjatuh di luar pagar rumahnya tersebut. Kemudian mereka berdua mengeceknya di internet untuk mengetahui apakah benda itu memang meteor.

"Kami mencoba melihatnya di internet dan temuan kami nampak sama seperti di internet. Benda itu berat dan bentuknya sama seperti kumpulan 'kondrul (butiran) putih kecil'. Kami melihat gambarnya di internet di mana benda itu menabrak mobil dan menyebabkan kerusakan ringan," terang Joanne.

Jika dilihat dari bentuknya, batu temuan Joanne tersebut memang sesuai dengan deskripsi meteor yang terjatuh di bumi. Sebagian besar bentuk meteor memang cenderung kecil -- biasanya sebesar biji kacang polong -- namun mereka memancarkan sinar yang luar biasa terang karena terbakar hingga puluhan derajat Celcius ketika menembus atmosfer bumi.

Ketika meteor berhasil mencapai tanah, biasanya mereka tampak hangus tebakar dan bisa berbentuk apa saja.

Terhadap temuan Joanne ini, seorang dosen astrofisika di Universitas Manchester, Dr Tim O'Brien meragukan benda itu benar-benar meteor. Menurut O'Brien, meteor yang melintasi langit Inggris beberapa hari lalu melintas dari utara ke arah selatan dan diprediksikan jatuh di wilayah selatan Inggris.

Namun diketahui bahwa tempat tinggal Joanne di Redcar, Cleveland, berada di wilayah utara Inggris.

"Nampaknya benda itu bukanlah meteor yang sebelumnya terlihat melintasi wilayah Inggris. Tidak jelas apakah memang meteor itu benar-benar terjatuh ke tanah, tapi jika memang demikian, seharusnya dia terjatuh jauh di wilayah selatan Inggris," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah meteor yang cukup besar dan menyala terang melintasi langit Inggris selama 30 detik. Peristiwa ini membuat warga Inggris heboh juga panik. Beberapa orang mengira meteor tersebut merupakan pesawat terbang yang jatuh terbakar. Kepolisian di sejumlah wilayah Inggris telah mendapat banyak telepon dari warga yang mengaku melihat bola api besar di langit. Laporan diterima oleh Kepolisian mulai dari wilayah Skotlandia, wilayah utara hingga selatan Inggris.

Sumber: news.detik.com

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama