loading...
» » Orang Indonesia Pertama Pemegang "Triple CCIE"

loading...

Perusahaan teknologi Cisco memiliki beberapa tingkatan program sertifikasi jaringan komputer, salah satunya adalah Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) yang merupakan tingkatan tertinggi dan sangat ketat ujiannya.

Sertifikasi ini merupakan jaminan bagi seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang networking. Ada delapan sertifikat CCIE yang bisa dipilih oleh profesional TI sesuai kebutuhan pekerjaannya.

Satu "gelar" CCIE saja sudah sangat sulit diraih, tapi ternyata ada yang sudah punya tiga sertifikasi CCIE. Salah satunya, yang membanggakan, berasal dari Indonesia yaitu Himawan Nugroho.

Ketika mendapatkan CCIE ketiga pada tahun 2007, Himawan menjadi orang Indonesia pertama yang memiliki tiga sertifikat ini sekaligus. Hingga kini, hanya dua orang Indonesia dari 400-an orang yang memiliki triple CCIE di seluruh dunia.

Sertifikat pertama adalah CCIE Routing and Switching (diperoleh di Jepang, September 2001). Sertifikat kedua adalah CCIE Security (diperoleh di Belgia, Januari 2006). Sertifikat ketiga adalah CCIE Service Provider (diperoleh di Belgia, September 2007).

"Tesnya delapan jam di depan komputer, dalam sebuah laboratorium. Tes terbagi dalam beberapa sesi dan masing-masing sesi harus bisa dijawab minimal 80 persen," ungkap Himawan

Ketatnya tes dan waktu yang terbatas, menjadi sebab mengapa hanya sedikit sekali yang bisa lulus dari tes untuk mendapatkan sertifikat CCIE. Dari pengalaman Himawan di Jepang, dari 7 orang yang ikut tes, hanya dirinya yang lulus dan mendapat sertifikat tersebut.

Untuk bisa mengikuti tes CCIE, profesional TI harus mengikuti tes computer base sehingga hasil tesnya bisa didaftarkan ke website Cisco untuk proses kualifikasi. Tes Computer Base bisa dilakukan dimana saja, namun tes CCIE harus dilakukan di negara penyelenggara.

Peserta yang memenuhi kualifikasi, akan mendapat kesempatan untuk mem-"booking" tes di negara-negara terdekat yang mengadakan tes CCIE. Peserta yang sudah terdaftar, harus datang ke negara penyelenggara untuk mengikuti tes selama 8 jam tersebut.

Pria yang lebih dari 10 tahun berkecimpung di dunia teknologi ini telah mengunjungi 30 negara sepanjang karirnya untuk mengerjakan beragam proyek.

Kesempatan ini bisa didapat setelah ia memiliki triple CCIE. Kini, ia menetap di Dubai dan bekerja sebagai Technical Adviser Cisco System untuk Cisco EMEA (Europe, Midle East, and Africa).

Datang ke Indonesia
Dalam kunjungan lima hari di Indonesia, Himawan menyebut kunjungan pribadinya ini dalam rangka acara Indonesia Networkers 2012.

"Saya ingin membagikan pengalaman saya tentang bagaimana bersaing di pasar global, bagaimana caranya bisa bekerja di perusahaan besar dunia, dan bagaimana menjadi orang Indonesia yang punya daya saing di dunia," ungkapnya.

Hari pertama ia telah mengunjungi kampus Institut Teknologi Nasional (Itenas) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hari kedua ia mengunjungi Universitas Indonesia (UI) Depok, dan Universitas Bina Nusantara (Binus) Syahdan Jakarta.

Hari ketiga, akan digunakan untuk memberi seminar bagi 400 profesional TI di Plaza Bapindo, Jakarta. Hari selanjutnya ia akan mengadakan pertemuan dengan beberapa petinggi media di Indonesia. Himawan juga akan mengadakan makan malam bersama para profesional TI.

Sumber Kompas/tekno

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama