loading...
» » Iran vs Amerika Perang Teluk Di Tahun 2012

loading...

Perang Teluk Iran vs Amerika & Sekutu di Tahun 2012 Kawasan teluk semakin memanas, setelah sebelumnya Iran melakukan latihan perang militer selama 10 hari di timur Selat Hormuz yang merupakan pintu masuk Teluk Persia, berlokasi dekat dengan Teluk Oman untuk sekaligus menguji coba efektifitas tiga misil anti-kapal selam buatannya, maka baru-baru ini dikabarkan bahwa Amerika Serikat pun bersama sekutunya Israel akan turut melakukan latihan pertahanan rudal bersama yang disebut “Austere Challenge 12” pada musim semi yang akan datang.

latihan militer iran di jalur minyak dunia
Iran sendiri juga akan kembali melakukan latihan militer dalam beberapa pekan kedepan, namun kali ini akan dilaksanakan di wilayah strategis Selat Hormuz yang juga kerap disebut dengan “wilayah 90” sebagai bentuk ketegasan ancamannya pada Amerika ( Kapal Induk Amerika USS John C Stennis ) agar tidak kembali ke pangkalan militer ArmadaV mereka di wilayah Teluk Persia ( Bahrain ).

Perang ekonomi Iran vs Amerika, Israel, Eropa via blokade Selat Hormuz

Kapal induk Amerika Serikat USS John C Stennis memang pada pekan lalu telah memasuki Selat Hormuz dari pangkalannya di negara bagian Washington sejak akhir Juli, yang kemudian menuju ke arah timur Teluk Oman, bahkan USS Stennis juga turut memasuki salah satu zona latihan perang Iran yang telah dilangsungkan sejak 26 Desember 2011 yang lalu.

kapal induk bertenaga nuklir USS John C Stennis
Hal ini tentu saja dinilai sebagai suatu sikap provokatif Amerika terhadap Iran yang merasa kedaulatan mereka diwilayah teluk ( Selat Hormuz ) diganggu, kemudian ancaman pun kembali dilontarkan Iran, bahwa mereka akan menutup dan melakukan blokade di Selat Hormuz jika mereka diserang atau pun jika negara-negara Eropa menyetujui untuk dijatuhkannya sanksi terhadap ekspor minyak Iran. Blokade Selat Hormuz tentu akan mengakibatkan terputusnya jalur distribusi sepertiga minyak mentah dunia dan mengancam perekonomian dunia termasuk Eropa dan Amerika Serikat.

Iran sendiri juga mengancam akan menyerang kapal Induk USS John C Stennis jika tetap nakal menuju pangkalan militer mereka di wilayah teluk. Kita lihat saja, sampai kapankah ancaman demi ancaman dan berbagai sikap provokatif ini akan berakhir menjadi sebuah serangan nyata dalam bentuk militer di Perang Teluk Iran vs Amerika & Sekutu di Tahun 2012

Kunjungi sumber selengkapnya

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama