loading...
» » » Belajar Mata kuliah Sejarah dari Mickey Mouse

loading...

MAHASISWA di Amerika Serikat (AS), bisa memilih berbagai mata kuliah unik tentang penyanyi, hingga film.Perkembangan fenomena sosial yang tengah di masyarakat biasanya melatarbelakangi kehadiran mata kuliah-mata kuliah tersebut. 

Booming film zombie misalnya, mendorong Columbia College membuka kelas tentang mayat hidup tersebut. Film lainnya yang dijadikan materi perkuliahan adalah Harry Potter. Kali ini, mahasiswa di Appalachian State University yang mempelajari kehidupan penyihir dari sekolah Hogwarts itu.

Dari dunia tarik suara, kehidupan Lady Gaga dikupas habis pada salah satu mata kuliah di  University of South Carolina. Penyanyi lainnya yang juga dijadikan fokus pelajaran di berbagai kampus di antaranya Beyonce, dan Jay-Z. 

Berbagai mata kuliah unik ini menunjukkan kreativitas para dosen dalam menerjemahkan fenomena sosial ke dalam pembahasan akademik yang menarik. College Times, Selasa (21/2/2012), melansir daftar berisi 15 mata kuliah paling keren yang sedang hip di Negeri Paman Sam tersebut. Berikut bagian keduanya.

1. White-Collar and Corporate Crime (University of California)
Selain para narapidana, civitas academica di departemen Ekologi Budaya University of Carolina adalah pakar dalam bidang kejahatan kerah putih. Salah satu mata kuliah mereka, White-Collar and Corporate Crime, membedah motif para tersangka sambil mempelajari aktivitas kriminal di antara beragam profesi, organisasi, dan bisnis kelas atas. Di kelas ini, kamu akan diajak membedah kasus mafia-mafia ternama sepanjang sejarah.

2. Airline Emergency Cabin Training (Lynn University)

Kelas berbobot tiga SKS ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami dasar-dasar penanganan darurat di maskapai penerbangan. Peserta kelas ini diharuskan menyelesaikan praktik selama 15 jam. 

Setelah menyelesaikan kuliah ini, diharapkan para mahasiswanya dapat menguasai apa saja yang menjadi keadaan darurat dalam penerbangan, sekaligus menangani situasi tersebut.

3. The Joy of Garbage (Santa Clara University)
Departemen Kajian Lingkungan di Santa Clara University berbagi kecintaan terhadap sampah melalui mata kuliah ini. Kelas The Joy of Garbage menelusuri jalur kehidupan sampah mulai dari dijual, dibakar, membusuk, dikubur, didaur ulang, atau digunakan kembali melalui kacamata ilmiah. Peserta kelas ini harus siap berkotor-kotor pada kunjungan lapangan ke beberapa tempat sampah.

4. Biology of AIDS and STD's (Northeastern College)
Bisa dibilang, mata kuliah ini adalah yang paling menjijikkan dari semua mata kuliah yang pernah ada. Perutmu harus siap menahan mual jika ingin mengikuti kelas ini. Sebab, mata kuliah ini menggunakan pendekatan ilmiah biologis pada beragam penyakit menular seksual tersebut. Dengan begitu, para peserta kelas dapat memahami kompleksitas dalam mencari obatnya. Di kelas ini, para mahasiswa akan menelusuri akar penyakit, cara penyebaran, hingga bagaimana mereka menghancurkan sistem imunitas tubuh.

5. Disney in America (University of Iowa)


Siapa sangka, Mickey Mouse dapat mengajarkan sesuatu pada kita. Pada kelas Disney in America, mahasiswa Iowa State University diajak mencari tahu bagaimana perusahaan Walt Disney mempengaruhi ideologi budaya di Amerika.

Kelas ini akan mengupas habis bagaimana kiprah korporasi tersebut sejak 1920 hingga masa kini. Mata kuliah ini bahkan mengekspos kontribusi Hollywood pada momen penting dalam sejarah Amerika, seperti resesi ekonomi (great depression), perang dunia II, serta melonjaknya jumlah gelandangan dan pengemis pada 1950-an.(rfa)

Sumber:http://kampus.okezone.com

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama