loading...
» » Televisi transparant ( Haier Transparent TV )

loading...

Teknologi sekarang udah semakin canggih gan, bayangin jika dulu televisi yang ada di toko-toko diseluruh dunia layarnya seperti cermin (maksudnya tidak tembus pandang). Saat ini udah ada jenis televisi yang transparan atau tembus pandang. Bayangin gan, televisi dirumah bentuknya seperti kaca yang transparan atau seperti kaca akuarium pasti keren banget!!


Beberapa hari lalu di Las Vegas diadakan pameran elektronik. Dalam pameran elektronik yang dinamakan Consumer Electronic Show 2012, banyak perusahaan elektronik yang menampilkan produk atau hasil karya terbaru mereka beserta keunggulannya. Banyak perusahaan besar yang ikut dalam pameran CES 2012. Di tahun 2012 ini, CES diadakan mulai dari tanggal 10 hingga 13 Januari. Dalam acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut, tercatat ada sekitar 153.000 orang yang datang. Di CES 2012, ada perusahaan elektronik seperti Acer, Haier, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Panasonic, Research In Motion (RIM), Samsung, Sony, Toshiba dan masih banyak lainnya.



Nama televisi transparan tersebut adalah Haier Transparent TV yang dinyatakan sebagai televisi transparan pertama di dunia. Televisi transparan dari Haier ini memiliki resolusi sebesar 1680 x 1050. Dengan ketransparanan televisi tersebut, saya rasa ada kelebihan dan kekurangan pada TV transparan ini. TV Haier adalah jenis televisi OLED (Organic Light-Emitting Diode) gan yang artinya OLED ini dapat memberikan cahaya yang lebih jelas dan terang ketika dipasang di perangkat elektronik televisi LED, LCD, atau CRT.

Kelebihan Haier Transparent TV misalnya adalah dalam hal daya listrik. Dimana televisi transparan tersebut lebih hemat 15 persen dalam mengkonsumsi listrik dibandingkan dengan daya listrik yang digunakan pada TV LED. Selain itu waktu responnya juga cepat, yaitu sekitar 5 ms. Namun kekurangannya adalah pada kedalaman warna yang hanya 8 bit warna saja. Sehingga dengan minimnya kedalaman warna tersebut membuat keterbatasan konten. Mungkin perlu untuk pengembangan lagi pada televisi transparan ini agar dapat memiliki banyak konten seperti Smart TV misalnya.

Gimana gann?? Keren juga yaa TV transparan kyk gini. Untuk kedepannya, mungkin akan ada televisi transparan dengan berbagai teknologi, bisa dengan teknologi 3D ataupun teknologi Smart TV atau bahkan televisi pintar dengan basis Android ya. Mari kita terus berkarya dan menciptakan beragam inovasi untuk perkembangan teknologi.

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama