loading...
» » Cara Aman Menggunakan Koneksi Wi Fi

loading...


Aktivitas online yang terhubung melalui internet saat ini dapat dinikmati bukan hanay di lingkungan kantor maupun rumah akan tetapi dapat menikmatinya diruang publik seperti kafe, pusat perbelanjaan, bandara stasiun dan area publik lainnya yang memungkinkan untuk menggunakan jaringan Wi Fi.

Akan tetapi kejahatan online bukan hanya para hacker menggunakan fasilitas jaringan yang digunakan, akan tetapi area bebas yang terdapat Wi Fi atau hotspot ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil data dalam desktop PC mobile serta menjadi sasaran empuk para pengambil kesempatan tersebut. Untuk itu perlu antisipasi untuk mengamankan koneksi Wi Fi kita sendiri supaya tidak terjangkau oleh para hacker yang jahil yang masuk melalui jaringan untuk itu berikut langkah sederhana mengamankan koneksi Wi Fi anda :

1. Gunakan password yang unik untuk router anda
untuk mengatur router anda biasanya dilakukan dengan mengetikkan alamat IP ke tab browser akan tetapi hal ini tergantung pada brand perangkat yang digunakan oleh pengguna, setelah sudah di setting password hal ini mencegah akses tidak sah masuk pada router

2. Lakukan Perubahan pada SSID
langkah selanjutnya adalah mengubah jaringan SSID anda, hal ini memberikan kesadaran terhadap pengguna bahwa jaringan mereka terhubung dengan nama jaringan SSID tersebut. Buatlah jaringan SSID itu dengan nama yang mudah di ingat.

3. Aktifkan Network Encryption
Langkah yang satu ini adalah salah satu yang penting dari rangkaian sebelumnya untuk mengamankan koneksi Wi Fi anda, hal ini untuk mencegah penyusup tidak sah mengakses sinya anda, ada beberapa metode Encryption seperti WEP, WPA dan WPA2. Untuk melakukan pencegahan ini anda harus lakukan pengaturan router dengan lakukan setting page and open Wireless network page. Pilihlah salah satu metode yang dipilih kemudian masukan password frase, gunakan password yang susah ditebak.

4. Menyaring alamat MAC
Setiap perangkat yang terhubung dengan internet memiliki alamat hard-code MAC, gunakan Therfore untuk menambah lapisan keamanan serta memungkinkan untuk lakukan penyaringan alamat MAC yang dapat mengakses internet melalui router. Untuk melakukan hal tersebut daftarkan semua alamat MAC pada perangkat anda fitur ini dapat ditemukan di router administrative page.

5. Mengurangi jangkauan sinyal
cobalah untuk mengurangi jangkau sinyal Wi Fi anda sehingga sinyal hanya di posisi atau di lokasi anda dan sekitarnya, hal ini dapat dilakukan dengan mengubah modus router

Jika menerapkan langkah ini setidaknya koneksi WiFi yang dibuat jauh lebih baik setidaknya tidak ada penyusup yang memang ingin merusak dan mengambil alih koneksi Wi Fi tersebut.

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama