loading...
» » Operator Selular Di Rugikan Oleh Tukang Download FIlm

loading...

Kalangan operator mengeluhkan pengguna layanan data yang sering mengunduh film sepuasnya di internet. Perilaku tersebut dianggap merugikan operator.

EVP Marketing [S[A[F[E[and]L]I]N]K] Product Bakrie Telecom Ridzki Kramadibrata menjelaskan rata-rata penggunaan kapasitas layanan data untuk pelanggan PC hanya sebesar 2 GB per bulan. Jika menggunakan ponsel dengan layar kecil (bukan ponsel dengan paket layanan Blackberry atau paket unlimited operator) maka pengguna hanya akan menghabiskan kapasitas layanan data maksimal 200 MB.

"Yang sangat menghantam operator adalah pengguna yang biasa mengunduh film melebihi kapasitas data yang sudah ditentukan," kata Ridzki selepas acara Diskusi Akhir Tahun Rethinking Data Services: Understanding Consumer Insight di Jakarta, Rabu (7/12/2011).

Dengan memilih layanan data dengan paket unlimited, maka pengguna akan leluasa mengunduh atau mengunggah data sesuai keinginannya, termasuk mengunduh film. Jika melebihi kapasitas yang ditentukan, operator hanya menurunkan kecepatan akses data.

Masalahnya, lanjut Ridzki, pelanggan layanan data di tanah air cenderung menyukai perilaku mengunduh atau mengunggah data melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

"Memang jumlahnya hanya sekitar 1-2 persen dari total pengguna layanan data. Tapi itu sangat merepotkan operator. Jaringan akan semakin lemot," tambahnya.

Padahal berdasarkan laporan yang diberikan oleh TNS Global Market Research tahun 2010 terhadap perilaku konsumen dalam menikmati layanan data di Indonesia terungkap ada empat hal utama yang sering dilakukan pelanggan di internet. Sekitar 95 persen responden mengakses Facebook, 70 persen searching di Google, 50 persen searching di Yahoo dan 30 persen mengakses Youtube.

http://tekno.kompas.com/read/2011/12/08/...n.Operator

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama