loading...
» » » » Kampus Hijau Terbaik Di Dunia Versi UI

loading...


Universitas Indonesia (UI) kembali mengeluarkan data pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Data ini dikenal dengan UI GreenMetric Ranking of World Universities 2011. 

Pada tahun 2011 ini, University of Nottingham, Inggris (skor 8,033.54), menjadi kampus hijau terbaik di dunia, diikuti Northeastern University, Amerika Serikat (skor 7,981.46), dan di peringkat ketiga University of Connecticut, Amerika Serikat (skor 7,708.02).

Adapun perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk dalam 50 besar dunia adalah Universitas Indonesia (UI), yang menduduki peringkat ke-22 (skor 7,124.39) dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi asal Indonesia yang berada dalam 30 besar dunia UI GreenMetric of World Universities 2011.

Perguruan tinggi yang terpilih sebagai kampus hijau terbaik versi UI GreenMetric Ranking of World Universities 2011 diumumkan oleh Rektor UI Prof Gumilar Rusliwa Somantri pada tanggal 14 Desember 2011 di Perpustakaan Pusat UI, Depok, Jawa Barat. Demikian disampaikan melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/12/2011).

"Melalui hasil pemeringkatan UI GreenMetric, kami berharap dapat menjadi salah satu motor penggerak peningkatan kesadaran pentingnya menerapkan cara-cara terbaru untuk hemat energi, penggunaan air yang bijaksana, pengolahan limbah yang terencana, dan sistem transportasi yang ramah lingkungan," kata Rektor UI Prof Gumilar Rusliwa Somantri.

Berdasarkan hasil korespondensi dan survei serta pemeringkatan langsung yang dilakukan secara online, terpilih 178 universitas dari 42 negara di dunia yang dinilai memenuhi standar.

Pemeringkatan ini dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es). Dalam penilaiannya, dilakukan pengembangan terhadap bobot indikator penilaian yang terdiri dari Statistik Kehijauan Kampus (24 persen), Pengelolaan Sampah (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (28 persen), Penggunaan Air (15 persen), dan Transportasi (18 persen).

Sementara itu, Prof Riri Fitri Sari mengatakan, UI GreenMetric telah diterima sebagai anggota International Ranking Expert Group (IREG Observatory) yang berpusat di Belgia, dengan referensi dari US News Ranking, HEEACT Ranking Taiwan, dan IHEP Washington DC.

"IREG adalah lembaga yang penting karena IREG melakukan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia," ujar Riri.

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama