loading...
» » Bahasa Indonesia Berpeluang Jadi Bahasa Internasional ?

loading...


Bahasa Indonesia berpeluang menjadi bahasa percakapan di dunia internasional. Makin banyak warga negara asing yang tertarik mempelajari bahasa Indonesia.
Hanya dengan mempelajari bahasa Indonesia, warga negara asing bisa memahami keragaman budaya Indonesia yang sangat khas. Untuk itu, pengemasan budaya Indonesia harus bagus supaya makin banyak lagi warga negara asing yang ingin memahaminya.
Peneliti Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dendy Sugono, Rabu (14/12/2011), mengatakan, keragaman budaya Indonesia adalah faktor terpenting yang menyebabkan banyak warga negara asing ingin mempelajari bahasa Indonesia.

"Hanya dengan mempelajari bahasa Indonesia, warga negara asing bisa memahami keragaman budaya Indonesia yang sangat khas. Untuk itu, pengemasan budaya Indonesia harus bagus supaya makin banyak lagi warga negara asing yang ingin memahaminya sehingga mau mempelajari bahasa Indonesia terlebih dahulu," kata Dendy.

Indikasi mulai diterimanya bahasa Indonesia dalam pergaulan internasional adalah tingginya minat warga asing mempelajari bahasa Indonesia di pusat pembelajaran bahasa Indonesia di negara mereka.
"Negara-negara besar yang sudah ada pusat bahasa Indonesia adalah negara-negara di Eropa, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Mesir, dan Rusia," kata Dendy.

Selain di Arab Saudi, papan petunjuk yang menyertakan bahasa Indonesia juga bisa ditemui di Frankfurt, Jerman. "Kalau di Arab Saudi, wajar ada tulisan berbahasa Indonesia di papan petunjuk arah. Kalau di Jerman, itu agak spesial karena bahasa Indonesia merupakan salah satu dari enam bahasa asing yang harus dipelajari di sekolah," kata Dendy.

Sumber: kompas

loading...
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama